Kamis, 28 Oktober 2010

BAB III PROGRAM KERJA MIS SMAN 1 KAWALI 2010-2011


BAB III
PROGRAM KERJA URUSAN INFORMASI MANAJEMEN
DAN DATABASE SMA NEGERI 1 KAWALI
TAHUN PELAJARAN 2010-2011

A.    Penyusunan  Sistem Informasi Profil (Portal Sekolah)
Profil sekolah merupakan gambaran umum secara garis besar mengenai keadaan sekolah  bisa dalam bentuk soft copy, hard copy atau web site. Penyusunan informasi Profil sekolah ini meliputi :
1.   Identitas Sekolah,  
2.   Visi, Misi, Strategi
3.   Program Kegiatan,
4.   Berita/Artikel,
5.   Agenda Kegiatan,
6.   informasi kesiswaan,
7.   Forum Diskudi
8.   Dokumen Foto Kegiatan
9.   Buku Tamu

B.    Penyusunan Sistem Informasi Personalia yang berisi:
1.   Pembentukan Data Awal Guru dan Staf yang terdaftar di sekolah,
2.   Pemeliharaan Data Induk Guru dan Staf seperti biodata keluarga, Pendidikan Formal, Riwayat Pangkat, Riwayat Jabatan, Penataran dan Riwayat Pekerjaan.
3.   Data Guru dan Staf yang masih aktif
4.   Data Kebutuhan Guru dan Staf
5.   Pencetakan laporan Kepegawaian yang meliputi :
a.  Daftar Guru / Staf
b.  Identitas Guru / Staf
c.  Rekapitulasi Kepegawaian
d.  Grafik Jumlah Pegawai
e.  Kebutuhan Guru
f.   Pegawai yang Pensiun


C.    Penyusunan Sistem Informasi Sarana dan Prasarana berisi mengenai Manajemen Aset sekolah mulai dari :
1.   Nama Asset
2.   Sumber Asset
3.   Penomoran aset,
4.   Lokasi aset,
5.   Penggunaan aset dan
6.   Jumlah aset.

D.    Penyusunan Sistem Informasi Keuangan Sekolah  data yang  berisi mengenai :
1.   Agenda Kegiatan Keuangan Sekolah
2.   Pembayaran biaya pendidikan siswa, seperti  SPP, uang awal tahun, dan biaya-biaya lain. Data pembayaran tersebut akan ditampilkan dalam format laporan yang akan memudahkan pihak sekolah dalam melakukan pemeriksaan dan evaluasi, seperti :
a.  Laporan siswa yang belum melakukan pembayaran
b.  Laporan siswa yang sudah melakukan pembayaran
c.  Laporan-laporan yang berkenaan dengan honor guru/karyawan
d.  Laporan-laporan yang berkenaan dengan bantuan-bantuan
3.   Informasi dana bantuan bagi sekolah baik yang berasal dari pemerintah Kabupaten, Propinsi maupun pusat seperti BOMM, BOS, RSKM, BSM dan lain-lain.
4.   Pelaporan seluruh kegiatan Penggunaan keuangan sekolah

E.     Penyusunan Sistem Informasi Kesiswaan  yang berisi data :
1.    Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru ( PSB ), yang meliputi :
a.  Kapasitas Penerimaan
b.  Pendaftaran Calon Siswa Baru
c.  Seleksi Calon Siswa Baru
d.  Entry data Hasil Test
e.  Pendaftaran Ulang Siswa Baru Yang Diterima
f.   Pencetakan Laporan Calon Siswa :
1. Surat Keterangan Status Diterima / Tidak Diterima
2. Nilai diatas Passing Grade dan Dibawah Passing Grade
3. Statisti Calon Siswa ( Asal Sekolah, Usia, Jenis Kelamin, Agama dan Jumlah Pendaftar.
4. Buku Pendaftaran
2.    Sistem Informasi Kesiswaan dan Alumni , yang meliputi :
a.     Pembentukan Data Awal Siswa Baru dan Siswa Pindahan
b.     Pemeliharaan Data Induk
1.   Data Siswa
2.   Data Alumni
c.     Pencetakan laporan Keadaan Siswa
1.   Daftar Siswa
2.   Buku Induk Siswa
3.   Statisti Siswa ( Usia, Jenis Kelamin, Agama, Sekolah Asal, Keterangan putus sekolah, mengulang.
4.   Rekapitulasi Siswa
a.    Siswa menurut Tingkat Kelas dan Agama
b.    Kelompok Umur
c.    Siswa menurut Program Pengajaran
3.   Agenda Kegiatan Kesiswaan
4.   Mutasi siswa
5.   Pengelolaan Kenaikan Kelas Siswa (manual maupun otomatis),
6.   Pengelolaan Kelulusan/Alumni,
7.   Pencetakan Kartu Siswa,
8.   Kegiatan kesiswaan dan
9.   Pengelolaan Kedisiplinan Siswa

F.     Penyusunan Sistem Informasi Akademik  berisi mengenai :
1.   Kegiatan Rutin Siswa dalam Pembelajaran
a.     Penentuan Jurusan
b.     Penentuan Kelas Siswa Baru, Siswa Lama dan Siswa Pindahan
c.      Penentuan Nomor Induk  Siswa ( NIS )
d.     Rekapitulasi Absensi Siswa
e.     Peraturan Akademik Kenaikan Kelas
2.   Perilaku Awal :
a.    Absen Siswa
b.    Pelanggaran Siswa
3.   Pengelolaan Kurikulum
4.   Silabus dan Sistem Penilaian
5.   Penjadwalan Pengajaran,
6.   Agenda Kegiatan Kurikulum
7.   Pengelolaan Nilai Akademik Siswa dan Laporan Hasil Studi Siswa
8.   Laporan kelulusan dan Prestasi Siswa dalam kegiatan PBM
9.   Pencetakan Laporan :
a.    Daftar Siswa Per Kelas
b.    Formulir Absensi
c.    Daftar Peserta UAN
d.   Ketentuan Penulisan Raport
e.    Daftar Alumni
f.     Pelangaran Siswa
g.   Silabus dan Sistem Penilaian
h.   Penjadwalan Pengajaran,
i.     Agenda Kegiatan Kurikulum
j.     Pengelolaan Nilai Akademik Siswa dan Laporan Hasil Studi Siswa
k.    Laporan kelulusan dan Prestasi Siswa dalam kegiatan PBM

G.    Sistem Informasi Perpustakaan berisi mengenai :
1.   Profil Perpustakaan
2.   Agenda Kegiatan
3.   Pengelolaan buku,
4.   Pengelolaan anggota,
5.   Transaksi peminjaman dan pengembalian buku, dan
6.   Manajemen Arsip baik secara manual maupun digital

H.    Penyusunan Sistem Informasi Pelayanan dan Bimbingan ( BP/BK ) berisi mengenai :
1.   Agenda Kegiatan BP/BK
2.   Pendataan siswa yang berprestasi,
3.   Pendataan siswa yang memperoleh beasiswa
4.   Siswa yang bermasalah,
5.   Cara Penanganan
6.   Kegiatan Home Visit
7.   Laporan konsultasi dengan orang tua
8.   Kegiatan PMDK. USM ke Perguruan Tinggi

I.     Penyusunan Sistem E-Learning : berisi Proses pendidikan menggunakan sistem online maupun intranet bagi siswa dan guru berupa :
1.   Modul mata pelajaran ,
2.   Forum Diskusi / tanya-jawab melalui E-Mail
3.   kuis online, maupun
4.   Tugas-tugas melalui E-mail

J.     Penyusunan Sistem Informasi Pelaporan : berisi teknis dan sistem pelaporan semua satuan tugas / bidang
1.     Pelaporan siswa (induk siwa, jumlah siswa, kesehatan, beasiswa, kasus, dan bimbingan) per siswa, per kelas dan seluruh siswa,
2.     Pelaporan keadaan guru dan pegawai (induk pegawai, bidang pengajaran), rencana pengajaran, nilai, kelulusan, statistik dan
3.     Pelaporan Induk Sekolah ( LISM (data sekolah, siswa dan guru)
4.     Pelaporan Keuangan Sekolah ( Dana awal tahun, SPP, BSM, Bantuan-bantuan Lainnya )
5.     Pelaporan Kegiatan Akademik ( UTS, ULUM, UKK, UN/US, Rekap Nilai, dan nilai UN/US )
6.     Pelaporan Pengelolaan Perpustakaan
7.     Pelaporan Kegiatan Pengembangan Diri
8.     Pelaporan Kinerja Pemeliharaan dan Up date informasi data sekolah

K.    Bank Soal
Pengolahan data bank soal,
1.     Penyusunan Kisi-Kisi
2.     Pencetakan Soal
3.     Penyimpanan soal per mata pelajaran per tingkat kelas
4.     Pengarsipan Soal

Tidak ada komentar: