Kamis, 28 Oktober 2010

Program Kerja Manajemen Informasi SMAN 1 Kawali


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pemanfaatan ICT dalam bidang pendidikan sudah sangat diperlukan dalam proses pengelolaan sekolah, baik dalam hal pengelolaan administrasi akademik, administrasi kepegawaian, dan untuk proses pelaporan.
Kebutuhan aplikasi database yang dapat mengelola data dan informasi sekolah, manajemen sekolahan, dan konten-konten pengajaran dan pembelajaran dalam suatu lembaga pendidikan perlu diciptakan akan terjalin jaringan yang sitematis dan dapat diakses oleh segenap user yang membutuhkan. Dengan adanya akses database yang siap kebutuhan untuk menyediakan laporan-laporan dari sekolah secara cepat dan valid kepada instansi terkait, seperi laporan ke Diknas Pendidikan Daerah maupun laporan ke Departemen Pendidikan Nasional dapat segera dilaksanakan.
Sistem Informasi Manajemen sekolah adalah konsep manajemen sekolah menggunakan ICT merupakan konversi manajemen sekolah secara manual ke Sistem manajemen sekolah berbasis program komputer (database) dimana proses manajemen data akademik dan data pendukung akademik secara mudah, cepat dan efisien.
Dalam usaha Pengembangan Sistem informasi manajemen perlu dipertimbangkan aspek biaya yang dikeluarkan dengan manfaat yang akan diperoleh, sehingga tidak terjadi lebih besar biaya yang dikelurkan dibanding  manfaat yang diperoleh. Artinya perancangan SIM diupayakan dengan biaya seminimal mungkin dengan manfaat yang maksimal. Setiap organisasi/ lembaga  harus menyadari apabila mereka cukup realistis dalam keinginan mereka, cermat dalam merancang dan menerapkan SIM agar sesuai keinginan serta wajar dalam menentukan batas biaya dari titik manfaat yang akan diperoleh, maka SIM yang dihasilkan akan memberikan keuntungan dan uang.
Sebuah Sistem informasi manajemen (SIM) , komputer bukan prasyarat mutlak, namun dalam prakteknya Sistem informasi manajemen yang baik tidak akan maksimal tanpa bantuan kemampuan pemrosesan komputer. Prinsip utama perancangan Sistem informasi manajemen: Sistem informasi manajemenharus dijalin secara teliti agar mampu melayani tugas utama.
Kegiatan utama dari Semua sistem informasi, yaitu menerima data sebagai masukan (input), kemudian memprosesnya dengan melakukan validasi, penghitungan, penggabungan unsur data, pemutakhiran dan lain-lain, yang akhirnya memperoleh informasi sebagai keluarannya (output). Data fakta-fakta atau sesuatu yang dianggap (belum mempunyai arti) yang akan diproses menjadi sebuah informasi sehingga memiliki arti.
Meningkatkan pelayanan Sistem Informasi Manajemen pada sebuah Lembaga Pendidikan menjadi faktor penting sekaligus penghematan bagi Lembaga Pendidikan dan kini telah menjadi salah satu standar mutu sebuah Pendidikan. Otomatisasi/komputerisasi sistem pelayanan dan sistem informasi manajemen merupakan solusi yang tepat untuk memecahkan masalah ini.
Perkembangan Pendidikan di Indonesia yang semakin maju, baik dari aspek administratif atau teknologi, maka proses pelayanan Pendidikan di Indonesia dapat dilaksanakan  secara efektif dan efisien. Tentu saja dengan bantuan  beberapa fasilitas pendukung, dimana salah satu fasilitas pendukung tersebut adalah aplikasi teknologi informasi dalam bidang sistem informasi manajemen Pendidikan.
SMA Negeri 1 Kawali Kabupaten Ciamis yang merupakan salah satu sekolah terbesar di Ciamis Utara mulai tahun pelajaran 2010-2011 akan berupaya memanfaatkan teknologi informasi ini dalam rangka penyempurnaan database sekolah, sehingga mutu pelayanan kepada steak holder dapat terlaksana secara maksimal, efektif dan efesien. Berdasarkan rencana itulah, kami selaku petugas yang ditunjuk untuk urusan informasi manajemen menyusun Program Kerja Sistem Informasi Manajemen SMA Negeri 1 Kawali untuk tahun pelajaran 2010-2011.

B.    Landasan Penyusunan Program SIM
Sebagai Landasan Penyusunan Program Kerja ini adalah :
1.     Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidkan Nasional       ( lembaran Negara tahun 2003 Nomor 78, tambahan Lembaran Negara Nomor 4301)
2.     Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.
3.     Permendiknas Nomor 13 tahun 2007 tentang standar kepala sekolah
4.     Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru
5.     Permendiknas Nomor 19 tahun 2007 tentang standar pengelolaan pendidikan
6.     Permendiknas Nomor 20 tahun 2007 tentang standar penilaian pendidikan
7.     Permendiknas Nomor 24 tahun 2007 tentang standar sarana dan prasarana pendidikan
8.     Permendiknas Nomor 41 tahun 2007 tentang standar proses
9.     Surat keputusan Kepala Dinas Pendidikan propinsi Jawa Barat Nomor : 420/Kep.25556-Disdik/2001 tentang Penerapan MBS di Jawa Barat
10. Program kerja SMA Negeri 1 Kawali tahun pelajaran 2010-2011.

C.    Ruang Lingkup Penyusunan Program SIM
Ruang lingkup penyusunan Program Kerja ini meliputi :
1.     Sistem Informasi Profil (Portal Sekolah) : berisi Profil Sekolah, Visi, Misi, Fasilitas, program-program, Berita/Artikel, kegiatan/agenda, informasi kesiswaan, forum, galeri foto, dan buku tamu.
2.     Sistem Informasi Personalia : yang berisi Data Guru dan Staf untuk mengelola informasi penting tentang tenaga pengajar maupun staf yang terdaftar di sekolah, seperti biodata, pangkat, jabatan, alamat, status bekerja, jam kerja, riwayat pendidikan, riwayat karir, riwayat pelatihan, tingkat kehadiran, info gaji dan lain-lain.
3.     Sistem Informasi Sarana dan Prasarana : berisi mengenai Manajemen Aset sekolah mulai dari penomoran aset, lokasi aset, penggunaan aset dan jumlah aset.
4.     Sistem Informasi Keuangan Sekolah : akan berisi data pembayaran biaya pendidikan siswa, seperti SPP, uang awal tahun, dan biaya-biaya lain. Data pembayaran tersebut akan ditampilkan dalam format laporan yang akan memudahkan pihak sekolah dalam melakukan pemeriksaan dan evaluasi, seperti :
a.  Laporan siswa yang belum melakukan pembayaran
b.  Laporan siswa yang sudah melakukan pembayaran
c.  Laporan-laporan yang berkenaan dengan honor guru/karyawan
d.  Laporan-laporan yang berkenaan dengan bantuan-bantuan
5.     Sistem Informasi Kesiswaan : yang berisi data Penerimaan Siswa Baru, Biodata siswa, Pengelolaan Kenaikan Kelas Siswa (manual maupun otomatis), Pengelolaan Kelulusan/Alumni, Pencetakan Kartu Siswa, kegiatan kesiswaan dan Pengelolaan Kedisiplinan Siswa
6.     Sistem Informasi Akademik : berisi Pengelolaan Kurikulum, Penjadwalan Satuan Pengajaran, Pengelolaan Nilai Akademik Siswa dan Laporan Hasil Studi Siswa, Laporan kelulusan dan Prestasi Siswa dalam kegiatan PBM.
7.     Sistem Informasi Perpustakaan : berisi Pengelolaan buku, Pengelolaan anggota, Transaksi peminjaman dan pengembalian buku, dan Manajemen Arsip Digital
8.     Sistem Informasi Pelayanan dan Bimbingan ( BP/BK ) : yang berisi mengenai pendataan siswa yang berprestasi, siswa yang bermasalah, laporan konsultasi dengan orang tua, dan cara penanganan.
9.     Sistem E-Learning : berisi Proses pendidikan menggunakan sistem online maupun intranet bagi siswa dan guru berupa modul sekolah, tanya-jawab, kuis online, maupun tugas-tugas.
10. Sistem Informasi Pelaporan : berisi teknis dan sistem pelaporan semua satuan tugas / bidang
Pelaporan siswa (induk siwa, kesehatan, periksa kesehatan, biasiswa, kasus, dan bimbingan) per siswa, per kelas dan seluruh siswa, pelaporan guru/pegawai (induk pegawai, bidang pengajaran), rencana pengajaran, nilai, kelulusan, statistik dan laporan ke DEPDIKNAS (data sekolah, siswa dan guru)
11. Bank Soal
Pengolahan data bank soal, penyimpanan soal,pencarian dan pencetakan

D.    Maksud dan Tujuan
A.    Maksud
1.     Menyediakan Sistem Informasi pendukung kerja bagi satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah yang komprehensif dan terpadu.
2.     Mendukung satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah mewujudkan kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas yang menjadi indikator Manajemen Berbasis Sekolah.
3.     Membantu kepala satuan pendidikan, dewan pendidik, dan komite sekolah dalam pengambilan keputusan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah.
4.     Mendukung terselenggaranya pendidikan yang lebih berkualitas dengan peyelenggaraan sekolah yang efektif, efisien dan modern.
5.     Meningkatkan kualitas guru di Indonesia. Dengan adanya akses yang memberi kemudahan bagi guru untuk menyumbangkan ide dan hasil karyanya, guru-guru dapat melakukan kontribusi secara langsung baik dalam bentuk materi pelajaran ataupun metode pengajaran.
6.     Semakin mudahnya akses terhadap dunia pendidikan. Murid-murid tidak lagi harus mengeluarkan biaya banyak untuk mendapatkan pendidikan di luar jam sekolah.
7.     Terciptanya sistem operasional sekolah yang lebih terorganisir. Perkembangan akademik siswa dapat di pantau oleh guru dan orang tua.
8.     Terciptanya jaringan sekolah yang di harapkan dapat saling membantu dalam meningkat kualitas pendidikan di Indonesia.

B.    Tujuan
Tujuan disusunnya Program Kerja Sistem Informasi Sekolah ini adalah sebagai bahan dalam :
1.     manajemen data
2.     evaluasi dan penilaian
3.     mengontrol kualitas
4.     meningkatkan daya kompetensi
5.     pengembangan kelembagaan
6.     mengefektifkan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya
7.     menyederhanakan birokrasi
8.     meningkatkan efisiensi
9.     membuat perencanaan
10.  umpan balik




E.     Hasil Yang Diharapkan
1.     Meningkatkan kemampuan pengambil keputusan dalam memproses informasi dan pengetahuan.
2.     Meningkatkan  kemampuan pengambil keputusan dalam menangani permasalahan yang kompleks, berskala besar, dan menggunakan banyak waktu.
3.     Memperpendek waktu pengambilan keputusan.
4.     Meningkatkan reliabilitas dari hasil keputusan dan outcome.
5.     Mendorong pelaksanaan eksplorasi bagi pengambil keputusan.
6.     Memberikan pendekatan baru dalam proses berpikir mengenai lingkup permasalahan dan konteks keputusan.
7.     Membangkitkan bukti baru dalam mendukung sebuah keputusan atau konfirmasi dari asumsi yang sudah ada.
8.     Menghasilkan keunggulan strategis dan kompetitif di dalam persaingan antar organisasi. termasuk kemampuan grafik menyeluruh atas pertanyaan pertanyaan pengandaian.

F.     Sistematika Penyusunan Program Kerja
Program Kerja Sistem Informasi Sekolah ini disusun dengan sistematika sebagai berikut :
Pada Bab 1 ; Pendahuluan, diuraikan mengenai Latar Belakang, Landasan Penyusunan Program, Ruang Lingkup Penyusunan Program, Maksud dan Tujuan, Hasil yang Diharapkan dan Sistematika Penyusunan Program.
Pada Bab 2 ; Profil Sekolah, diuraikan mengenai: Identitas Sekolah, Visi dan Misi, Struktur Kurikulum, Data Akademik dan Kesiswaan, Kondisi Pegawai, Sarana dan Prasarana, Kondisi Orang Tua Siswa dan RAPBS.
Pada Bab 3 ; Program Kerja Urusan Informasi Manajemen dan Data Base Sekolah diuraikan  mengenai Penyusunan Profil / Portal Sekolah, Penyusunan Sistem Informasi Personalia, Penyusunan Sistem Informasi Sarana dan Prasarana , Penyusunan Sistem Informasi Keuangan , Penyusunan Sistem Informasi Kesiswaan , Penyusunan Sistem Informasi Akademik , Sistem Informasi Perpustakaan ,   Penyusunan Sistem Informasi Pelayanan dan Bimbingan ( BP/BK ), Penyusunan Sistem E-Learning , Penyusunan Sistem Informasi Pelaporan , dan Bank Soal
Pada Bab 4 ; Jadwal Kegiatan , diuraikan mengenai pelaksanaan program kerja berdasarkan bulan dan minggu.
Pada Bab 5 ; Rencana Anggaran dan Biaya , diuraikan mengenai pembiayaan kegiatan dan sumber dana.
Pada Bab 6 ; Penutup , diuraikan mengenai simpulan dan saran-saran.


Tidak ada komentar: